Inilah Tahapan Membuat Bouquet Bunga Aesthetic Yang Spesial

Inilah Tahapan Membuat Bouquet Bunga Aesthetic Yang Spesial

Ingin memberi hadiah untuk teman wisuda? Pacar? Ibu? Atau idola? Buket bunga asli bisa menjadi pilihan. Ya, siapa sih yang tidak suka bunga? Cantik, berwarna menarik, dan biasanya beraroma harum. Ditambah lagi jika beberapa tangkai bunga dirangkai menjadi sebuah buket dengan ornamen tambahan yang membuatnya lebih elegan. Continue reading →

5 Model Bouquet Bunga Yang Unik Dan Aesthetic

5 Model Bouquet Bunga Yang Unik Dan Aesthetic

Kini bisnis buket bunga semakin marak dimana-mana, karena jumlah permintaan pun makin banyak. Buket tersebut kerap digunakan sebagai hadiah seseorang untuk teman, kekasih, atau orang spesialnya, digunakan sebagai dekor suatu acara, serta untuk seremonial lempar bunga di resepsi pernikahan. Continue reading →

Ingin Mendekorasi Ruangan Dengan Bunga? Simak Tips Memilihnya!

Ingin Mendekorasi Ruangan Dengan Bunga? Simak Tips Memilihnya!

Mendekorasi ruangan dengan menggunakan bunga adalah salah satu ide yang menarik untuk dicoba. Ya, keindahan bunga akan membuat dekorasi ruangan menjadi lebih hidup dan tentu saja lebih berwarna. Tidak hanya itu, bentuk dan harga pot bunga yang beragam juga membuat Anda menemukan banyak strategi dekorasi yang tepat untuk dicoba.

Namun, tentu saja hasil dekorasi bunga yang menarik akan dipengaruhi oleh pemilihan bunga yang tepat. Sebagaimana diketahui, ada banyak sekali jenis bunga yang bisa dijadikan pilihan untuk mendekorasi ruangan sesuai keinginan. Tetapi, bagaimana cara memilih bunga yang tepat tersebut ?.

Tips Memilih Bunga Dekorasi Ruangan yang Tepat

Adanya banyak pilihan bunga untuk dekorasi ruangan memang akan memudahkan Anda untuk menemukan mana bunga yang cocok dan menarik. Namun, untuk memudahkan Anda mencari bunga tersebut dengan jaminan hasil dekorasi ruangan yang lebih menarik, ada beberapa tips memilih bunga dekorasi ruangan yang tepat, seperti :

  1. Memilih Bunga Asli atau ArtifisialTips pertama yang bisa membantu Anda menemukan bunga yang sesuai untuk mendekorasi ruangan adalah membandingkan antara bunga asli dan bunga artifisial. Secara umum, tentu saja bunga asli lebih baik daripada bunga artifisial.
    Warna bunga asli yang segar akan memberikan kesan dekorasi ruangan yang lebih fresh. Tidak hanya itu, aroma bunga asli juga akan menambah kenyamanan di dalam ruangan. Terlebih, Anda juga bisa melihat tanaman bunga di dalam ruangan Anda tumbuh. Namun, tentu, bunga asli membutuhkan perawatan berkala.Di sisi lain bunga artifisial juga bisa menjadi pilihan untuk Anda jadikan dekorasi ruangan yang tepat. Bunga palsu ini sekilas memang memiliki tampilan yang menyerupai dengan bunga asli. Tidak hanya itu, harga bunga palsu ini cenderung lebih murah dan Anda tidak perlu melakukan perawatan yang rumit karena hanya perlu membersihkan bunga dari debu.

    Tips pertama yang bisa membantu Anda menemukan bunga yang sesuai untuk mendekorasi ruangan adalah membandingkan antara bunga asli dan bunga artifisial. Secara umum, tentu saja bunga asli lebih baik daripada bunga artifisial.

  2. Sesuaikan Warna dan Jenis Dengan Dekorasi Interior
    Kesinambungan adalah hal yang cukup penting dalam dekorasi. Oleh karenanya, elemen dekorasi harus memiliki kesamaan dan kesesuaian. Konsep ini pula yang harus Anda terapkan ketika hendak memilih bunga untuk dekorasi ruangan yang tepat.Pada dasarnya, Anda bebas saja memilih beragam jenis bunga dan warna bunga untuk mempercantik ruangan. Hanya saja, ide dekorasi ruangan dengan bunga akan cenderung lebih menarik jika bunga-bunga tersebut sesuai dengan tema dekorasi. Coba lihat skema pewarnaan dalam ruangan Anda dan bandingkan beberapa bunga yang tepat sesuai dengan skema tersebut.
  3. Memilih Bunga Berdasarkan Lokasi Penempatan
    Tips lain yang cukup penting untuk diperhatikan ketika ingin memilih bunga yang tepat untuk dekorasi ruangan adalah memilih bunga sesuai dengan lokasi penempatan. Poin ini cukup penting untuk disimak karena sebenarnya masing-masing bunga memiliki makna dan kesan yang berbeda.Sebagai contoh, bunga dengan warna-warni yang terang cenderung cocok ditempatkan di ruang tamu untuk memberikan tambahan kesan menyegarkan. Selain itu, bunga dengan warna yang soft cenderung cocok ditempatkan di dalam kamar atau ruang keluarga untuk memberikan kesan yang lebih menenangkan.Di samping itu, ada baiknya jika Anda juga melihat di mana bunga tersebut akan diletakkan. Tentu saja, bunga yang diletakkan di atas meja sebaiknya berbeda dengan bunga yang hendak digantung di dinding.

Beberapa tips di atas bisa dijadikan acuan untuk memilih bunga yang tepat saat hendak mendekorasi ruangan. Sebagai tambahan, Anda juga perlu memilih pot bunga yang tepat agar hasil dekorasi lebih maksimal.

Tampilan pot yang unik membuat bunga terlihat lebih menarik. Nah, saat ini tersedia pot coco fiber yang memiliki beragam bentuk yang berbeda. Selain unik, pot ini mampu menahan air dengan baik sehingga bunga –yang asli, bisa tumbuh dengan lebih baik. Harga pot coco fiber pun cukup terjangkau, yaitu Rp 35.000. Anda berminat ?.

 

Cara Merawat Bunga Dekorasi Ruangan Agar Selalu Segar

Bunga menjadi salah satu jenis tanaman hias yang kerap dijadikan aksesoris untuk hiasan ruangan. Warna kelopak yang cantik dan wangi yang harum menjadi alasan kenapa bunga menjadi pilihan.

Nah, untuk Anda yang ingin mendekorasi ruangan dengan bunga pilihan, selain mempertimbangkan harga pot bunga, mengetahui bagaimana cara merawat bunga juga menjadi hal yang penting.

Cara merawat bunga hias yang benar tentu akan berpengaruh pada pertumbuhan dan kondisi bunga tersebut. Bunga yang dirawat dengan baik tentu juga akan tumbuh dengan baik dan terlihat lebih indah.

Nah, apa saja cara mendasar untuk merawat bunga hias yang digunakan sebagai aksesori dekorasi ruangan? Simak beberapa ulasan di bawah ini.

Tips Merawat Bunga Dekorasi Ruangan yang Benar
Perlu diketahui, bunga adalah salah satu jenis tanaman hias yang cenderung mudah layu, terlebih jika perawatan tidak dilakukan dengan tepat. Oleh karenanya, untuk Anda yang ingin mendekorasi ulang ruangan dengan menambahkan bunga sebagai aksesoris, ada beberapa tips perawatan yang harus Anda lakukan, diantaranya adalah sebagai berikut:

 

  • Jangan Terlalu Sering Menyiram Bunga Hias

Menyiram memang merupakan salah satu cara yang umumnya dilakukan untuk memelihara kesegaran tanaman, termasuk bunga hias. Air yang dipercikkan ke batang tanaman akan membuat tanaman senantiasa tumbuh dan tidak layu.

Namun, hal berbeda ditemukan pada bunga hias.

Terkait siram-menyiram, Anda sebaiknya tidak menyiram bunga hias terlalu sering, terutama yang digunakan sebagai aksesoris ruangan. Hal ini perlu diperhatikan karena air yang terlalu banyak dan kondisi yang terlalu lembab akan membuat akar bunga hias cenderung lebih mudah membusuk dan akhirnya mati.

 

  • Tempatkan Bunga Hias di Tempat Dengan Pencahayaan yang Cukup

Penempatan tanaman hias di dalam ruangan menjadi salah satu bentuk perawatan yang bisa dikatakan sangat penting. Hal ini dikarenakan cahaya matahari memiliki peran untuk menjaga bunga hias tetap tumbuh dengan subur.

Oleh karenanya, atur penempatan bunga hias tersebut dengan tepat. Dalam hal ini, Anda bisa menempatkan bunga hias di dekat jendela atau tempat lain yang memungkinkan terkena cahaya. Namun, jika hal tersebut kurang memungkinkan, maka jemur atau keluarkan bunga hias tersebut agar terkena sinar matahari setidaknya dua pekan sekali.

 

  • Berikan Tambahan Nutrisi Pada Bunga Hias

Perawatan lain yang cukup penting untuk memastikan bunga hias bisa tumbuh subur adalah dengan memberikan tambahan nutrisi, yaitu pupuk dan nutrisi lainnya. Ini adalah hal yang bisa dikatakan sangat penting karena bunga membutuhkan senyawa untuk tetap berkembang.

Nah, ada cukup banyak pupuk yang tersedia dan bisa dijadikan pilihan. Hanya saja, Anda harus selektif dalam memilih pupuk dan menyesuaikannya dengan jenis bunga yang Anda jadikan aksesoris ruangan.
Selain itu, perhatikan pula takaran pemberian pupuk. Cukup banyak kasus bunga layu dan bahkan mati karena pemberian pupuk yang terlalu banyak dan terlalu sering.

Beberapa poin di atas adalah langkah perawatan bunga hias yang bisa Anda lakukan. Tentu saja. langkah di atas juga bisa dilakukan untuk perawatan tanaman hias lainnya agar senantiasa subur dan dekorasi ruangan Anda terlihat semakin menarik.

Selain beberapa poin di atas, memilih pot yang tepat adalah bentuk perawatan yang cukup krusial. Detail pot akan berpengaruh pada bagaimana bunga hias tersebut akan tumbuh. Oleh karenanya, Anda perlu memilih pot yang tepat dan memiliki nilai estetika.

Nah, jika Anda sedang mencari pot bunga untuk memulai dekorasi ruangan yang cantik, ada pot coco fiber yang tersedia. Pot ini sangat menarik dengan ukuran yang mungil sehingga mudah ditempatkan di mana saja, terlebih untuk Anda yang ingin menanam anggrek. Selain itu, harga pot bunga ini cukup terjangkau, hanya Rp 35.000 saja. Anda tertarik?

Sewa Tanaman Hias, Ide Bisnis Menjanjikan Yang Meraup Banyak Keuntungan

Sewa Tanaman Hias, Ide Bisnis Menjanjikan Yang Meraup Banyak Keuntungan

Bagi Anda yang sedang mencari ide bisnis, bisnis sewa tanaman bisa dijadikan pilihan. Memang bisnis ini belum sepopuler bisnis kuliner atau fashion, namun prospek kedepannya cukup menjanjikan. Ya, program penghijauan yang digalakkan pemerintah menjadi salah satu alasannya.

Target untuk bisnis ini adalah perusahaan atau kantor dari skala kecil hingga besar. Perusahaan cenderung memilih tanaman sewa daripada harus membelinya, hal ini karena pihak perusahaan tidak memiliki waktu untuk merawatnya. Nah, jika menyewa tanaman hias, maka perawatannya ditanggung oleh pihak jasa persewaan.

Keberadaan tanaman di suatu kantor atau hunian tentu akan membuat suasana lebih fresh, asri, serta sedap dipandang. Hal tersebut bisa membantu meningkatnya produktivitas kerja dan menghilangkan stress para pekerja. Jadi, jumlah konsumen dari bisnis sewa tanaman dijamin akan terus meningkat.

Nah, dalam memulai bisnis ini, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui. Apa saja ? Berikut ulasannya.

  1. Sistem Rental Tanaman

Pada umumnya, ada dua sistem sewa tanaman hias, yakni sistem kontrak dan sistem paket. Sistem kontrak adalah system yang biasa dipilih oleh perusahaan besar untuk menyewa tanaman dengan jangka waktu lama. Ya, jangka waktu yang ditetapkan minimal 12 bulan, selama itu pula pihak penyewaan bertanggung jawab atas kondisi tanaman.

Lain halnya dengan sistem paket yang hanya menyewa tanaman dalam hitungan hari saja. System ini biasa dipilih klien yang ingin mengadakan suatu acara dan membutuhkan dekorasi tempat pelaksanaan acara. Karena paket, jadi tak hanya tanaman saja yang disewa, melainkan lampu taman, pot unik, air mancur, dan lainnya.

  1. Penataan Taman atau Dekorasi

Jika konsumen perseorangan atau pihak perusahaan sudah menentukan tempat untuk meletakkan tanaman sewaan, hal yang harus Anda lakukan adalah  menata berbagai jenis tanaman di tempat tersebut. Lihatlah contoh-contoh penataan dan desain dekorasi menarik dari internet agar mendapat inspirasi.

Semakin banyaknya referensi maka semakin kreatif pula penataan yang dihasilkan. Dengan demikian konsumen pun puas.

  1. Sistem Perawatan Tanaman

Bisnis sewa tanaman hias untuk kantor artinya bertanggung jawab atas perawatan tanaman sewaan tersebut selama masa kontraknya belum habis. Jadi, Anda harus mengecek kondisi tanaman dan memastikannya sehat.

Apabila salah satu tanaman membutuhkan perawatan serius dan tidak memungkinkan untuk berada di kantor dalam beberapa waktu, Anda harus menukarnya dengan tanaman sejenis yang baru dan berkondisi sehat.

  1. Promosi

Promosi atau pemasaran adalah salah satu kunci utama lancarnya suatu usaha. Jika teknik pemasaran tepat sasaran, tentu bisnis Anda lebih dikenal banyak orang, lalu akan meraup keuntungan berlimpah.

Lakukanlah promosi secara offline dan online, mulai dari menyebar brosur, memberi proposal penawaran ke jasa event organizer dan perusahaan, melakukan promosi di social media, hingga membuat website khusus bisnis sewa tanaman hias.

  1. Kendala dan Prospek

Yang menjadi kendala dari bisnis ini adalah proses perawatan tanamannya. Tiap jenis tanaman tentu memiliki cara perawatan yang berbeda, jenis pupuknya berbeda, media tanam yang digunakan pun berbeda. Hal inilah yang sedikit rumit dan butuh ketelatenan.

Namun, prospek bisnis sewa tanaman terbilang menjanjikan. Meski belum sepopuler bisnis lain, sudah banyak pihak yang berminat menyewa tanaman. Bahkan bukan hanya pihak kantor atau perusahaan saja, melainkan konsumen perseorangan.

Jika sudah memahami 5 hal di atas, artinya Anda sudah siap menjalankan bisnis sewa tanaman hias. Jangan lupa persiapkan modal serta ilmu yang berkaitan dengan tanaman. Dengan ilmu tersebut, usaha ini akan berjalan lancar, tanpa kendala besar, dan meraup keuntungan berlipat.

Tips Sukses Memulai Bisnis Sewa Tanaman Hias, Tidak Sulit Lho!

Tips Sukses Memulai Bisnis Sewa Tanaman Hias, Tidak Sulit Lho!

Bisnis sewa tanaman diperkirakan sudah ada sejak tahun 80-an, namun di era modern ini bisnis tersebut semakin menjanjikan. Ya, banyak yang menggunakan jasa penyewaan tanaman, terutama perusahaan-perusahaan besar.

Suatu perusahaan lebih memilih menyewa tanaman dibanding membeli tanaman, hal ini karena pihaknya tidak memiliki waktu untuk merawat tanaman secara teratur. Jika membeli tanaman, maka akan berujung layu kemudian mati. Apabila pembelian dilakukan secara terus-menerus, tentu membuat pengeluaran perusahaan semakin banyak.

Oleh sebab itu, keberadaan jasa sewa tanaman hias untuk kantor sangat dibutuhkan. Jadi, bagi Anda yang sedang mencari ide bisnis, bisnis yang satu ini bisa dijadikan pilihan. Namun, Anda harus melakukan beberapa tips agar bisnis berjalan lancar dan berujung sukses.

Apa saja tips bisnis rental tanaman itu? Yuk simak ulasannya!

  1. Persiapkan Modal

Setiap usaha pastinya membutuhkan modal, entah modal berupa uang, tempat, atau tenaga. Bisnis penyewaan tanaman ini memang dapat meraup banyak keuntungan, namun modalnya juga tidak sedikit.

Ya, selain membutuhkan modal untuk membeli bibit tanaman serta biaya perawatannya, Anda harus menyiapkan lahan yang luas. Luas lahan terbuka yang disiapkan setidaknya 200 m. Jika ingin meminimalisir modal, sewalah dahulu lahan tersebut, jika keuntungan semakin bertambah, maka bisa dialokasikan untuk membeli lahan yang lebih luas.

  1. Menyeleksi Karyawan dengan Benar

Tips selanjutnya dalam memulai bisnis sewa tanaman hias adalah menyeleksi karyawan. Karyawan juga termasuk modal berupa sumber daya manusia, sehingga menjadi salah satu penentu keberhasilan bisnis Anda.

Karena bisnis ini bergerak di bidang tanaman, maka pilihlah karyawan yang mengetahui seluk beluk tanaman, mulai dari cara pemilihan bibit yang baik, cara penanaman yang benar, hingga cara perawatannya. Apabila karyawan Anda belum memiliki skill di bidang tanaman yang cukup mumpuni, sebaiknya latihlah dahulu. Jika orang tersebut cerdas dan mempunyai semangat bekerja, tentu tidak butuh waktu lama untuk mempelajarinya.

  1. Survey Jenis Tanaman yang Kerap Disewa

Karena target bisnis ini adalah perusahaan dari skala kecil hingga besar, maka lakukanlah survey ke target tersebut mengenai jenis tanaman yang disukai dan cocok untuk perusahaan. Tanaman hijau simple, tahan lama, dan memiliki nilai aesthetic adalah beberapa tanaman yang kerap dipilih pihak perusahaan.

Dari ciri-ciri tersebut, Anda bisa memilih bougenville, palem, pakis, anturium, pisang kipas, pandan bali, kaca piring, wali songo, dan beberapa tanaman lainnya untuk dibudidayakan lalu disewakan. Selain itu, sediakan pula tanaman khusus untuk indoor, karena pihak perusahaan biasanya membutuhkan tanaman di dalam ruangan.

  1. Lakukan Perawatan yang Benar

Berbeda jenis tanamannya, berbeda pula cara perawatannya. Nah, salah satu kunci berhasilnya bisnis sewa tanaman adalah perawatan yang dilakukan. Penyiraman, pemupukan, penyiangan, hingga penyemprotan insektisida dan fungisida harus Anda lakukan.

Perhatikan pula dosis yang tepat untuk masing-masing jenis tanaman, jangan sampai menyiramnya terlalu sedikit atau terlalu banyak. Selain itu, ketahui tanaman apa saja yang harus diletakkan di ruang terbuka dan mendapat sinar matahari secara langsung.

  1. Teknik Promosi

Nah, agar bisnis sewa tanaman hias Anda semakin maju dan laku keras, lakukan berbagai teknik promosi. Promosi dapat dilakukan secara offline, yakni dengan membagikan brosur atau mengirim proposal ke kantor-kantor.

Lakukan pula promosi online melalui berbagai social media dan website. Promosi dengan cara ini lebih menghemat waktu dan tenaga, namun lebih luas jangkauannya.

Terapkan tips-tips tersebut jika ingin bisnis berjalan lancar, semakin laku, lalu mendapat keuntungan berlimpah. Bisnis sewa tanaman hias ini bisa menjadi jalan Anda menuju kesuksesan.